Presiden Jokowi melantik Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Hendrar Prihadi sebelumnya dikenal sebagai Walikota Semarang yang menjabat sejak 2013.

Pria yang akrab disapa Hendi ini, memulai karier politik pada 2009 ketika terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan setahun setelahnya menjadi Wakil Walikota Semarang. Lalu di 2011 pria kelahiran Semarang ini diamanahi untuk menjadi pelaksanan tugas Walikota Semarang.

Selanjutnya, pada 2013, dia dilantik oleh Ganjar Pranowo sebagai Wali Kota Semarang, sebagai pengganti wali kota sebelumnya, Soemarmo HS. Setelah itu, Hendi kemudian mengikuti 2 kali pemilihan Wali kota Semarang dan berhasil.

Selama menjadi walikota, Hendi berhasil membawa Semarang sebagai kota dengan pembangunan terbaik di Indonesia tiga kali berturut-turut, yaitu pada 2019, 2020, dan 2021. Apresiasi yang datang dari pemerintah pusat itu pun lantas membuat Kota Semarang menjadi role model oleh banyak pihak, hingga kunjungan studi banding dari berbagai daerah menjadi pemandangan setiap hari yang lumrah di Balaikota Semarang.

Selain itu, Pemerintah pusat menobatkan Hendi sebagai pembina pelayanan publik terbaik di Indonesia sejak tahun 2016 hingga 2019. Dia juga meraih penghargaan Anti Gratifikasi Award KPK RI tahun 2013 dan 2014 dan sebagai 'Best City Manager' (Manajer Kota Terbaik) oleh lembaga internasional Europe Business Assembly pada tahun 2014.

Beberapa warga Kota Semarang pun memberikan apresiasi atas pelantikan Hendi menjadi pejabat pusat. Salah satunya Anandita manajemen Klenteng Sampookong yang bangga sekaligus kehilangan.

"Itu positif. Walikota Semarang adalah sosok yang hebat. Ditariknya Mas Hendi ke pusat itu suatu bukti bahwa kinerja Walikota Semarang diperhatikan oleh Presiden Jokowi. Harapan saya kepdepannya akan muncul Hendi-hendi lain, dan Semarang bisa melahirkan tokoh-tokoh seperti Mas Hendi lagi," kata Anandita.

Shela alumni Unika Soegijapranata melihat bahwa kinerja Hendi sangat bagus. Pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik hebat.

"Maka tak heran Mas Hendi menjadi Kepala LKPP. Rekam jejak Mas Hendi mumpuni. Harapan saya, prestasi dan program Mas Hendi dilanjutkan oleh walikota berikutnya. Ada inovasi-inovasi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat," harap Shela warga Kota Semarang.

sumber berita beritasatu.com